logo
add image
Blog single photo

Hikmah Haji

Al Hajju Secara Bahasa Arab artinya adalah Al Qashdu yaitu Maksud

Pengertian Haji secara istilah adalah bermaksud ke Baitullah dengan melakukan amalan-amalan khusus di waktu yang khusus.

Amalan-amalan Khusus seperti : Niat, Thawaf, Sa’i, Wukuf dll.

Di waktu yang Khusus yaitu di Bulan- bulan Haji : Syawal, Dzulqo’dah dan 10 hari pertama di Bulan Dzulhijjah. Haji merupakan salah satu rukun Islam.

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Al Imam Bukhari dan Muslim

    ARTINYA: Islam dibangun diatas 5 perkara :

  • Bahwasanya tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah dan bahwasanya Muhammad adalah Rasulullah..
  • Mendirikan Sholat,
  • Membayar Zakat,
  • Melakukan Ibadah Haji
  • Dan berpuasa di Bulan Ramadhan

Dan Haji yang mabrur adalah termasuk sebaik-baik amalan. Dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh Al Imam Bukhari dan Muslim, Dari Abu Hurairah RA mengatakan, Rasulullah SAW ditanya, “Amalan apakah yang paling Afdhol?” Beliau menjawab, “Beriman kepada Allah dan RasulNYa”, kemudian ditanya kembali,” kemudian apa?,Beliau menjawab, “kemudian berjihad dijalan Allah”, kemudian beliau ditanya,” kemudian apa?” beliau mengatakan,” kemudian Haji yang Mabrur”.

Allah menjadikan di dalam Haji hikmah-hikmah yang banyak, diantaranya :

  • Haji merupakan Musim, untuk mendapatkan pahala yang besar dan ampunan dosa.
  • Haji adalah perwujudan ukhuwah Islamiyah dan usaha saling mengenal satu dengan yang lain kaum muslimin dengan asal, warna kulit, bahasa, suku yang berbeda datang disatu tempat dengan tujuan yang satu, yaitu menyembah Tuhan Yang Satu.
  • Haji merupakan Madrasah, Iman dan Beramal Sholeh karena seorang Jamaah Haji didalam musim haji akan terbiasa melakukan amal sholeh : bersabar, mengingat Hari Akhir ketika manusia dikumpulkan dan juga mengingat bahwa dunia hanya sementara.
  • Haji juga merupakan Musim untuk mendapatkan rezeki dunia bagi banyak orang.
  • Haji adalah kesempatan seorang untuk menimba Ilmu dan mengajarkan Ilmu kepada orang lain dan untuk berbuat baik kepada sesama..

Disana ada juga terdapat hikmah dan manfaat lainnya sebagaimana Allah SWT berfirman :

Artinya : “Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh. supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telahditentukan atas rezeki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebahagian dari padanya dan (sebahagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir. (Al Hajj 27 – 28)

Semoga artikel ini menjadi pengingat kita semua dan menjadi ilmu yang bermanfaat. Aamiin Ya Rabbal’alamiin"

Top